Kyleanneshiver Blog

Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris dengan Cara Listening

Belajar bahasa inggris tidak cukup hanya dengan menghafal kosakata dan tidak ada lanjutan untuk belajar seperti melakukan bicara (speaking), menulis (writing), dan mendengarkan (listening). Sehingga, tujuan untuk menjadi mahir menjadi terhambat karena tidak ada lanjutan dalam belajar sehingga stagnan.

Kebanyakan para pelajar lebih mementingkan menghafal dibanding dengan writing dan juga listening, dan hal ini lebih cenderung mengambil nyaman untuk diri sendiri tanpa harus memperhatikan faktor lain. Sehingga, niat para pelajar untuk menjadi mahir dalam bahasa Inggris menjadi tidak berhasil alias gagal. Sehingga, dengan melihat beberapa faktor yang justru menghambat proses belajar bahasa Inggris.

Cobalah beralih metode dengan cara mengubah kebiasaan yang sebelumnya hanya mengandalkan hafalan kosakata, maka sekarang mulai untuk menulis kosakata tersebut. Setelah berhasil dengan menulis kosakata, maka mencoba untuk melakukan listening. Inilah hal yang paling diutamakan dalam belajar bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris digunakan untuk berkomunikasi dengan orang banyak di luar sana, maka kita harus belajar untuk teliti dalam mendengar. Logat atau gaya bicara setiap orang itu berbeda, sehingga dengan mendengarkan atau listening kata-kata dari orang lain dalam berbicara bahasa Inggris, maka akan menjadi pin utama bagi kita. Karena respon dari kita untuk membalas apa yang dibicarakan oleh orang lain itu sangatlah diperlukan. Sehingga, tahap listening ini sangatlah penting.

Kemudian, tahap mendengar (listening) mempunyai beragam cara. Anda bisa memulainya dengan mendengarkan musik yang menggunakan bahasa Inggris. Di dalam musik, pastinya banyak sekali lafal atau ucapan yang mungkin bagi setiap penyanyi berbeda-beda. Sehingga, hal ini bisa menjadi celah kita untuk mempertajam pendengaran dengan mendengar suara atau ucapan dari orang lain yang menggunakan bahasa  Inggris. Lalu setelah berusaha mendengar musik, dan berhasil. Maka cobalah untuk mendengarkan suara misalkan radio dengan bahasa Inggris. Karena kita bisa mengerti arti dan pronounce (pelafalan) nya dengan baik.

Dari beberapa hal dasar itu, menjadi sebuah kunci di mana seseorang yang memang serius ingin belajar bahasa Inggris menjadi sukses menguasai bidang yang dibutuhkan dalam bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *